Cara Belajar Nahwu

Sebagian orang menganggap bahwa belajar ilmu tata bahasa arab sangat sulit, rumit, membosankan, membutuhkan waktu yang lama dalam mempelajarinya, dan hanya orang yang belajar di pondok pesantren saja yang sanggup menguasainya.

Mungkin anda pernah mendengar opini tersebut, atau bahkan mungkin anda sendiri berpendapat demikian? Opini di atas tentu saja sangat merugikan perkembangan pendidikan Islam, da’wah Islam dan agama Islam secara umum. Sebab bahasa arab, khususnya ilmu Nahwu Shorof, mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Islam.

Metode Nahwu Mudah adalah suatu metode dalam mempelajari Ilmu Tata Bahasa Arab yang disesuaikan dengan cara otak menerima, memahami, dan menghafalkan ilmu yang di pelajarinya. Dengan menyesuaikan cara otak dalam belajar, maka proses belajar Ilmu Tata Bahasa Arab akan lebih mudah, menyenangkan, dan tidak membosankan. Nahwu Mudah memudahkan pengajaran Ilmu Tata Bahasa Arab dengan sistematika dan metode yang digunakan. Diantara metode yang diterapkan dalam NahwuMudah adalah sebagai berikut :

  • Proses belajar dilakukan secara interaktif. Dengan mengaktifkan tiga alat sensor utama yaitu pendengaran, penglihatan, dan gerakan anggota tubuh maka proses pembelajaran akan lebih mudah dan tidak membosankan. Gerakan tubuh dilakukan dengan cara membuka tombol-tombol yang ada, dan anda akan menemukan hubungan antara satu tombol dengan tombol yang lain.
    • Sistematika pembahasan. Sistematika pembahasan diawali dari yang paling mudah dulu dan diusahakan tidak ada tumpang tindih pembahasan, maksudnya materi yang belum perlu dibahas tidak dibahas kecuali sedikit, apabila terpaksa harus dibahas, dan tidak ada penekanan.
      • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Penggunaan istilah-istilah dalam Tata Bahasa Arab ditulis dengan tulisan latin agar tidak terkesan rumit.
      • Menggunakan peta pikiran. Penggunaan peta pikiran akan lebih mudah memberikan gambaran global tentang apa saja yang akan dibahas dan memudahkan dalam memahami hubungan antara satu bab dengan bab lainnya. Penggunaan peta pikiran juga akan memudahkan dalam menghafal materi.
      • Disertai contoh-contoh penerapan kaidah nahwu shorof dalam kalimat. Contoh-contoh penerapan kaidah dalam kalimat akan semakin memberikan gambaran dan semakin mempermudah dalam memahami istilah-istilah dalam ilmu nahwu shorof dan bagaimana penerapannya dalam kalimat.

      Pembahasan dalam Nahwu Mudah adalah khusus tentang bagaimana membaca, menulis, dan menerjemahkan tulisan dalam Bahasa Arab (Nahwu-Shorof), jadi percakapan dalam Bahasa Arab tidak kita bahas di sini. Tetapi dengan mempelajari Nahwu-Shorof akan sangat membantu anda dalam belajar percakapan Bahasa Arab.

      (nahwumudah.com)

      About these ads

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s

      Ikuti

      Get every new post delivered to your Inbox.

      %d bloggers like this: